Untuk Anda para kolektor die cast atau penggemar diecast, tentu replika dari berbagai benda ini merupakan koleksi yang sangat berharga. Walaupun harga jual die cast cukup lumayan mahal karena siapa yang menyangka, die cast ternyata juga bisa dijadikan investasi yang menggiurkan, karena semakin langka diecast yang dimiliki maka semakin tinggi pula nilai harga jual die cast tersebut. Diecast biasanya berbentuk replika dengan ukuran rasio tertentu dari benda-benda yang ada di dunia nyata, seperti mobil, motor, truk dan lain-lain.
Namun apa jadinya, jika die cast yang kita miliki tersebut rusak, kusam ataupun kotor; boro-boro bisa dijual kembali, melihatnya saja pasti menjadi malas. Nah, bagi Anda yang ingin mempertahankan kualitas koleksi diecast agar tetap prima, berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat koleksi diecast Anda:

Membersihkan diecast, nggak bisa sembarangan.

Sebaiknya Anda menyimpan diecast di tempat yang kering, bebas dari debu atau pun sinar cahaya matahari langsung. Lebih baik lagi jikadiecast tersebut masih tersimpan dalam kemasan.

Simpanlah diecast dalam lemari kaca. 

Selain terlindung dari debu dan sinar matahari, lemari kaca (terutama yang berwarna bening) memudahkan kita untuk melihatnya kapan saja. Nggak perlu repot-repot lagi untuk membawa keluar masuk diecast Anda.

Koleksi diecast, makin langka makin tinggi nilainya.

 Letakkan diecast di tempat yang mudah dijangkau, agar mudah dipantau dan dibersihkan. Namun, jangan juga diletakkan di tempat yang akan membuatdiecast kita sering berpindah-pindah posisi, karena kemungkinan hilang atau tercecer akan lebih besar.

Membersihkan diecast nggak bisa sembarangan.

Salah-salah, malah bisa bikin hancur koleksi. Gunakan lap yang bersih dan halus, sikat yang lembut, ataupun tisu. Untuk cairannya, gunakan air sabun mandi, shampo, atau sabun untuk cuci mobil/motor. Hindari memakai deterjen atau sabun cuci, karena bisa merusak cat.

Koleksi diecast yang terawat baik, bisa jadi sumber investasi.

Hati-hati terhadap air yang menempel padadiecast karena dikhawatirkan bisa memicu terjadinya karat. Air ini bisa berasal dari tangan Anda (sehabis mencuci tangan) atau saat Anda mencuci diecest namun kurang sempurna saat mengeringkannya.

Jika Anda rutin memoles diecest dengan wax, perhatikan sisa-sisa wax yang menempel pada celah-celah sempit di diecest. 
Biasanya sisa-sisa wax tersebut terabaikan dan tidak dibersihkan, sehingga akhirnya bisa membuat diecast kesayangan Anda menjadi kotor

Semoga tips-tips diatas bisa bermanfaat :)




Leave a Reply.

    Author

    Write something about yourself. No need to be fancy, just an overview.

    Archives

    December 2013

    Categories

    All