Diecast atau miniatur kendaraan seperti replika mobil, motor, pesawat terbang dan kendaraan konstruksi merupakan hobi yang akhir-akhir ini semakin banyak diminati. Pengoleksi diecast tidak hanya anak-anak, namun juga orang dewasa. Alasannya bermacam-macam mulai dari nostalgia, minat industri otomotif atau kesukaan pada desainnya.

Ada begitu banyak merk, model dan ukuran, para penghobi umumnya selektif untuk mempertimbangkan beberapa hal,tidak asal membeli.Tidak hanya menyangkut uang tapi juga membuat perburuan menjadi lebih seru.

Anda tertarik dan memulai hobi ini, berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

1. Dianjurkan untuk fokus pada skala tertentu, misalnya 1:36 atau 1:43.Skala besar tentu akan memberikan detil yang lebih baik, tapi juga membutuhkan uang lebih banyak dan ruang penyimpanan lebih besar.oleh sebab itu diperlukan dana dan tempat.

Bukan cuma skala, anda sebaiknya fokus pada satu merek atau model tertentu yang di sukai.Model tersebut misalnya mobil klasik,kendaraan konstruksi,pesawat terbang atau truk.Anda juga bisa mencari model-model yang sudah dimodifikasi.

2. Berinteraksi dengan kolektor lain yang menjadi cara untuk mendapatkan Diecast kesukaan sekaligus menambah informasi.Anda bisa melakukan hal tersebut melalui grup diskusi di internet atau datang ke acara temu kolektor yang rutin dilakukan.

3. Tidak semua kolektor mau membuka kemasan (blister)Diecast antara lain dengan alasan untuk menjaga keasliannya. Sementara yang lain ada yang mau membuka kemasan agar lebih leluasa melihat koleksinya dari berbagai sudut. Ada juga yang mau membuka kemasan untuk memotretnya agar tampak seperti bentuk aslinya.

Membuka atau tidak kemasan Diecast tergantung pada diri kolektor,tetapi nilai atau harga jual Diecast yang masih dalam kemasan umumnya lebih tinggi.

4. Agar kondisi Diecast dapat terjaga, sebaiknya diletakkan dalam rak tertutup yang terbuat dari kayu, akrilik, maupun mika. Demikian halnya untuk Diecast yang masih dalam kemasan ,ada rak maupun pelindung khusus.




Leave a Reply.

    Author

    Write something about yourself. No need to be fancy, just an overview.

    Archives

    December 2013

    Categories

    All